Penulis: Dini Maryani Sunarya, S. Sos, M.Sc

advergame, sebagai salah satu media transmisi informasi, kini telah banyak digunakan oleh para pemasar Indonesia.

Ini tidak terlepas dari potensi periklanan. Gim yang bisa menembus berbagai demografi dan lingkaran usia. Selain itu, gim ini dapat membuat platform interaktif untuk berkomunikasi dengan publik dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh media tradisional lainnya.

Advergame adalah bentuk pemasaran digital modern, istilah ini merupakan kombinasi dari dua kata periklanan dan permainan. Dalam advergame, proses periklanan ditempatkan dengan menggunakan informasi tentang merek atau produk sebagai pusat atau fitur utama dari permainan (Winkler & Buckner, 2006; dalam Sukoco & Wu, 2011: 7396). Itu bisa dalam bentuk logo, pesan produk, atau produk itu sendiri ditampilkan dan dimainkan dalam permainan.

— Menurut pemahaman Agnes Nairn & Haiming Hang (2012) tentang permainan iklan, permainan video ini digunakan untuk mempromosikan produk, merek, atau organisasi, dan dapat diterapkan di situs media sosial, situs web perusahaan sendiri dan sebagai perangkat seluler Konten program yang dapat diunduh.

Advergame memiliki dua format, yaitu advergame itu sendiri dan format iklan dalam game. Advergame menyematkan pesan bisnis dalam konten atau aplikasi gim video daring atau gim video. Menurut Ryan, Rigby dan Przybylski, game online tentu tidak dibuat tanpa alasan. Game online adalah bentuk hiburan yang paling cepat berkembang, jadi dalam konteks menjamurnya game online, ini memberikan pemasar peluang untuk memasarkan iklan (- Tsu Chiang dan Sunny, 2010: 627) .

Sebagai media promosi, fungsi advergame di sini berbeda dari iklan TV, di mana media advergame membujuk tingkat emosional yang tidak disadari. Ini jelas, karena promosi melalui media TV terutama menampilkan pesan-pesan yang diharapkan akan didistribusikan secara langsung dan publik, sehingga publik dapat memahami maksud dan tujuan pengiklanan untuk produk atau merek yang berbeda dari advergame.

Iklan advergame melalui media promosi tidak dapat dipisahkan dari keberadaan advergame. Ini adalah dasar dari penelitian ini, yang melibatkan pemahaman informasi yang disampaikan oleh produk-produk di media advergame, sehingga kita dapat menemukan di sini efektivitas dan efisiensi penggunaan advergame dalam pemasaran produk merek dagang.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *