Disediakan oleh: Budi Arie Setiadi *

Pengalaman saya di Pak Jakob Oetama sangat tak terlupakan.

Dia adalah pimpinan tim Kompas Gramedia, dan saya bekerja sebagai reporter di Tabloid Kontan. Media baru baru muncul pada pertengahan 1996. Saya bergabung dengan Kontan dalam keadaan media belum ada, tapi itu masih konsep.

Pendahulu saya, reporter Tempo yang dilarang syuting pada 1994, sudah mendampingi banyak orang, seperti Mas Margiono, Yopi Hidayat, Budi Kusumah, Adrian Taufik Gesuri, Bambang Aji, Mobanoe Mura, Dwi Setyo Arianto, Andi Reza Rohadian dkk.

Dari tahun 1996 hingga 2001, saya bekerja sebagai reporter di tabloid ekonomi selama kurang lebih lima tahun. Kontan adalah anak perusahaan Kompas Gramedia. -Latar belakang saya adalah aktivis di gerakan mahasiswa UI, dia sangat kritis terhadap rezim Suharto.

Tentunya masyarakat sudah mengetahui bagaimana rakyat, termasuk mahasiswa, melawan rezim Soeharto hingga runtuh pada Mei 1998. Yang tidak adil, saya menjadi reporter di Kontan, diisi dan dijalankan oleh jurnalis muda progresif.

Anda bisa menentukan angle, title dan cover tabloid Kontan saat itu. Menentang rezim Soeharto saat itu menjadi “kewajiban” dan tanggung jawab bersama.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *