TRIBUNNEWS.COM-Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memengaruhi resesi ekonomi. Sembilan negara pernah mengalami resesi ekonomi, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Italia, Korea Selatan, Jepang, Hongkong, Singapura, dan Filipina.

“Dampak resesi ekonomi bisa menyebar ke Indonesia,” kata Wakil Presiden MPR Jazilul Fawaid di Jakarta, Sabtu (9/8/2020).

Baca: Tidak ada pensiun! Inilah istilah “pot gantung” yang ingin Sisca Soewitomo gunakan — hubungan perdagangan dengan negara-negara yang terkena resesi pasti berdampak pada perdagangan Indonesia dengan negara-negara tersebut. Negara (PKB) ingin kita semua melakukan refleksi dan tindakan nyata. Menurut Kabupaten Gresik Pulau Bawean, resesi ekonomi di Jawa Timur harus menjadi pelajaran bagi setiap orang agar tidak terlalu bergantung atau mengandalkan produk luar. Agar tidak bergantung pada produk luar, kami ingin orang membeli produk lokal.

“Selama ini produk yang dihasilkan oleh usaha kecil menengah dan koperasi”. .

Baca: Kisah Tiga Malaikat Kecil Berjuang Melawan Penyakit

Nyatanya, keberadaan orang yang berbelanja di luar dihasilkan oleh pengusaha UMKM lokal. Misalnya, kata dia, orang yang suka kopi bisa membeli kopi produksi dalam negeri. “Kopi lokal kita banyak, seperti Toraja, Flores, Bali, Aceh dan kopi dari daerah lain,” ujarnya. Tambahkan.

Menurut Gus Jazil, membeli produk lokal yang dikelola pengusaha UMKM memiliki banyak nilai penting.

Baca: Pernah Ditolak Rumah Sakit, Katarak Nenek Ratmah Kini Bisa Disembuhkan

“Kalau volume ekspor turun akibat resesi ekonomi, kita bisa serap sendiri produk yang ada.” Dengan menyerap produk lokal, masyarakat tetap terjaga aktivitas bisnis. Menurut Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, nilai lain ketika membeli produk dalam negeri adalah mencintai produksi nasional guna memperkuat ikatan ekonomi yang diatur dalam UUD 1945. -Terutama jika negara lain atau dunia terguncang oleh perubahan ekonomi yang merugikan. Situasi ini bisa kita hindari, ”ujarnya.

“ Mari kita beli produk UMKM. Dia menyimpulkan: “Jika bukan kami, maka belilah produk lokal.”

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *