TRIBUNNEWS.COM, Ketua Konferensi Permusyawaratan Rakyat Padang-Indonesia, Bambang Soesatyo, mengapresiasi kepatuhan masyarakat Bali dalam menerapkan tata cara sanitasi dalam berbagai kegiatan kehidupan.

Dari tingkat desa, di bawah pengawasan langsung Kepala Desa dan Pekalang .

Ketaatan seperti inilah yang menjadi kunci keterbukaan, Bali telah menekan Covid dalam perjuangan memulihkan perekonomian. 19 Penyebaran virus. Dikenal sebagai Pararem Gering Covid-19. Selain perjanjian sanitasi yang membutuhkan masker dan jarak fisik, jika warga ingin keluar desa juga harus mendapat izin dari kepala desa. Pelanggar akan dikenakan sanksi sosial, seperti membayar beras lima kilogram, membersihkan jalan, dan membersihkan fasilitas umum. Pecalang berada di garis depan pengawasan dan disiplin komunitas. Bamsoet berbincang dengan warga pecalang di Desa Jimbaran, Bali pada Sabtu (1/8/2020). Ol santai dan berkata: “Efektif dan efisien.”

Di antara pecalang yang terlibat, I Wayan Sudita menjabat sebagai pecalang selama 20 tahun. Wayan Tarke yang sudah mengabdi 12 tahun, dan Wayan Agus Febriana yang juga menjabat 12 tahun.

Mantan presiden DPP RI ini banyak mendapat cerita dari Pecalang.

Biasanya sebelum pandemi Covid-19 sebagai sopir untuk mengantar wisatawan berwisata, mereka bisa mendapatkan 4-5 juta rupiah sebulan.

Sejak saat itu, pandemi dimulai pada Februari 2020 yang ditandai dengan pembatalan China akibat masa puncak visa turis dan pada Maret 2020 Bali telah menutup semua penerbangan internasional, pendapatan masyarakat Bali Penurunan tajam. – “Pariwisata terhenti, pendapatan terhenti. Padahal, mereka hanya mengandalkan tabungan. Mereka bahkan sudah sampai pada titik di mana mereka harus bercocok tanam di atas tanah untuk memenuhi kebutuhan pangan. Sekarang Bali bersiap untuk bangkit. Bansout mengatakan:” Ini membutuhkan seluruh bagian negara Saling mendukung dan bekerja sama. “-Wapres Kamar Dagang dan Industri Indonesia mendorong Perslan untuk terus menjalankan tugasnya dengan membimbing masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan .. Ini baik untuk Bali.

” Kebangkitan ekonomi Bali harus dimulai dengan regulasi dari masyarakat. Kalaupun perlu masyarakat Pekalang langsung masuk ke hotel dan villa yang ada di desanya agar pengelolaan hotel juga bisa mengedukasi wisatawan. Bamsoet menyimpulkan: “Jika prosedur kesehatan akan diterapkan, masyarakat harus disiplin. Jika tidak disiplin, wisatawan tidak akan menerimanya. Kami menyerukan gotong royong untuk membangun Bali. Saling menahan diri.”

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *