TRIBUNNEWS.COM-Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah (dalam hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Markas Besar Kepolisian Indonesia Cybercrime dan Direktur E-commerce bhinneka.com) untuk menyelidiki sepenuhnya dugaan pelanggaran data. Web gelap itu memiliki 1,2 juta pengguna.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima, Bamsoet juga meminta agar para pihak terkait ditangani sesuai dengan hukum yang berlaku dan mendapati bahwa mereka telah melakukan pelanggaran.

Untuk mencegah hal yang sama terjadi lagi, Bamso meminta manajer e-commerce untuk meningkatkan sistem keamanan dan meningkatkan kewaspadaan situs dan aplikasi hosting e-commerce.

“Ini adalah langkah untuk memastikan kerahasiaan data pelanggan dan memprioritaskan keamanan dan kenyamanan masyarakat sebagai pengguna,” kata Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga meminta manajer e-commerce untuk memastikan keamanan kartu kredit, kartu debit dan semua data pembayaran pelanggan, agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau peretas untuk meningkatkan kepercayaan publik.

“Publik juga harus waspada dan mengganti kata sandi mereka secara teratur dan menggunakan email khusus untuk mengakses akun e-commerce,” simpul Bamsoet.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *