Bambang Soesatyo, ketua TRIBUNNEWS.COM-MPR, mendesak pemerintah untuk segera memberi perhatian khusus pada tanaman pangan. Dalam proses menghancurkan sektor ekonomi global saat ini, tantangan utama yang dihadapi setiap negara (termasuk Indonesia) adalah untuk menentukan ketersediaan makanan pokok.

Memang benar bahwa semua kekuatan dan upaya pada saat ini harus fokus pada menyelamatkan mereka yang secara aktif terinfeksi Covid-19. Namun, ekonomi tidak boleh dirugikan. Dengan kata lain, selama pandemi virus Corona global saat ini, menjaga ekonomi juga merupakan tugas yang sangat strategis untuk memastikan kehidupan semua orang besok.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan akhir pekan lalu bahwa pandemi virus korona telah berkembang menjadi krisis ekonomi dan keuangan global. Ini berarti bahwa komunitas internasional menghadapi potensi krisis.

Menurut Dana Moneter Internasional, dalam hal terjadi krisis, negara-negara berkembang akan menjadi yang paling terpengaruh karena efek gabungan dari krisis kesehatan, arus keluar modal asing dalam jumlah besar dan penurunan harga bahan baku. -Ketua Konferensi Permusyawaratan Rakyat mengingatkan bahwa tidak ada yang bisa memastikan apakah pandemi virus korona global sudah berakhir. Yang pasti, kerusakan pada sektor ekonomi sangat nyata dan masih berlanjut di seluruh dunia. Dalam proses penghancuran sektor ekonomi global, tantangan utama yang dihadapi setiap negara (termasuk Indonesia) adalah menentukan ketersediaan pangan pokok. Untuk alasan ini, pemerintah harus memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Kegiatan produksi pangan dasar harus dipertahankan, seperti kegiatan penanaman padi, dan produktivitas sayuran untuk nelayan. Perhatian negara terhadap area ini diperlukan agar orang tidak perlu khawatir dan panik. Dalam semua kasus, negara harus memastikan bahwa ada cukup makanan pokok. Rantai pasokan juga harus lancar, yang seharusnya tidak menjadi masalah. -Mempertimbangkan krisis global, masuk akal bagi pemerintah untuk memberikan perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Jika perlu, pemerintah akan memberikan insentif kepada semua sub-sektor ekonomi yang terkait langsung dengan pembelian makanan dan kebutuhan dasar lainnya. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *