INDONESIA TRIBUNNEWS.COM-Bambang Soesatyo, juru bicara Konferensi Permusyawaratan Rakyat Indonesia, memuji tindakan yang dilakukan operator hotel di Bali yang terus eksis selama pandemi Covid-19 tanpa PHK langsung. Meski hotel belum menerima pemasukan karena penutupan Bali untuk wisatawan asing dan domestik sejak April 2020, pihak hotel tetap memberikan gaji kepada karyawannya. Bahkan dengan beberapa penyesuaian.

“Saya berharap Bali dibuka untuk wisatawan domestik mulai 31 Juli 2020, dan industri pariwisata berangsur pulih. Yang terpenting, hotel dan pemerintah daerah akan bekerja sama untuk menerapkan perjanjian sanitasi yang ketat. Industri pariwisata dapat Menjadi penggerak ekonomi. Tingkatkan cluster penyebaran Covid-19, “kata Bamsoet saat bertemu dengan Martin Aeschlimann, General Manager Ayodya Resort Nusa Dua, saat berkeliling Bali naik mobil bersama Java-2020 Bali Indonesia Motorcycle. Pada Senin malam (31/8/20) turnamen (MBI) digelar di Nusa Dua Bali. Mantan Ketua DPR RI itu mengatakan hotel-hotel di Bali dan pemerintah provinsi (Pemprov) menegakkan kesepakatan sanitasi dengan tegas. Setiap hotel harus lulus uji verifikasi dari tim uji klinis pemerintah provinsi. Setiap hotel wajib menyiapkan hand sanitizer di setiap sudut kamar, memakai masker untuk tamu yang datang, bahkan membersihkan kamar hotel dengan hand sanitizer. Pihak hotel juga harus menyiapkan ruang isolasi dan tim medis untuk memprediksi apakah suhu tubuh tamu lebih tinggi dari 37,5 derajat atau gejala lain dari Covid-19.

“Pengunjung juga harus memahami penerapan regulasi sanitasi. Hotel pemerintah bekerja sangat keras, bahkan pelanggan pun tidak tahu. Sebelum vaksin siap, kita tidak bisa begitu saja melepaskan Covid-19, kita butuh gotong royong semua departemen di tanah air. Kesepakatan kesehatan sangat penting agar ekonomi dapat pulih dengan cepat tanpa meningkatkan penyebaran Covid-19, ”kata Bamsoet. Banyak hotel di Bali yang masih tutup. Kalaupun terbuka, hanya bisa mengisi beberapa ruangan saja. Bahkan, pengelola hotel menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik penghuni menginap dan berlibur.

“Oleh karena itu, keberadaan MBI Ride to Java 2020 telah menarik ratusan peserta, yang sangat membantu untuk meningkatkan tingkat hunian hotel. Bamsoet menyimpulkan:“ Kegiatan ekonomi masyarakat dengan mengikuti kegiatan belanja. “

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *