Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Bambang Soesatyo, ketua Musyawarah Rakyat Indonesia, menyatakan konsistensi Sandiaga Uno dalam memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus Pengusaha besar mengikutinya. Meski memiliki banyak perusahaan besar, Sandiaga Uno selalu tertarik dengan UMKM.

“Mas Sandi adalah sahabat lama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia mulai mengoperasikan HIPMI pada tahun 2005. -Pada tahun 2008, Mas Sandi berhasil Jumlah wirausaha di HIPMI meningkat dari sekitar 25.000 pada awalnya menjadi sekitar 35.000. Saat bergabung dengan Federasi Industri dan Perdagangan (KADIN), ia pun memilih mengikuti UMKM, “sebagai ketua Panitia Tetap KADIN UMKM,” podcast Ngobras Bamsoet di Ngompol (Obrolan Menarik dengan Dialog Politik) Konon kanal You Tube Bamsoet bersama Sandiaga Uno di Jakarta pada Rabu (18/10/2018).

RI dari Tentara Revolusi Demokrasi ke-20 Presiden RI menjelaskan hal tersebut dalam Di bawah kepemimpinan KADIN 2015-2020 yang dipandu oleh Rosan Roeslani, ia dan Sandiaga Uno diyakini telah menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden. Industri kreatif. Terpilih sebagai penanggung jawab mikro dan Wakil Presiden dan Wakil Presiden KADIN Bidang Usaha Kecil Menengah, Koperasi dan Industri Kreatif Hubungan Antar Lembaga – “adalah penegasan perjuangan saudara ketiga Maas untuk status usaha mikro kecil dan menengah di dunia usaha. Tahun 2016, dia pamit ke KADIN karena ingin fokus mengangkat Wakil Gubernur DKI Jakarta, tapi bukan berarti dia juga akan mundur untuk mendorong UMKM maju, ”kata Bamsoet. Badan Pertahanan FKPPI menjelaskan Pilkada DKI Jakarta Ketika Wakil Gubernur mendampingi Anse Basway sebagai gubernur, Sandiaga Uno menerapkan OK OCE (sebuah kecamatan, sentra wirausaha) di bidang usaha mikro dan kecil untuk mempromosikan cita-cita kewirausahaan di kalangan pelaku usaha, selain program kerja. Kembangbiakkan lebih banyak embrio pelaku usaha UMKM.

“Menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta tidak serta merta menghalangi Mas Sandi untuk berkelahi. Pada 2018, ia mundur dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta karena ingin maju sebagai calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2019, dan mendampingi Pak Prabowo yang menjadi calon presiden. Subianto). Dia melakukan ini bukan karena dia oportunis atau pragmatis, tetapi karena dia menyadari bahwa untuk membawa perubahan besar pada negara dan negara, terutama untuk mendorong pengembangan usaha kecil dan menengah, dia harus melewati pusat kekuasaan. Presiden Pemuda Panchahira menjelaskan, bukan lagi menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta melainkan terpilih menjadi Wakil Presiden. Bukan berarti Sandiaga Uno akan berhenti bekerja. Pada 2015 lalu, pro dan kontra anggota Partai Gerindra ada di jajaran direksi. Kini, Sandiaga Uno menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan (2020-2025) dan masih bekerja keras untuk mendorong pengembangan usaha kecil dan menengah.

“Meski fokus pada UU penciptaan lapangan kerja, Mas Sandi selalu fokus pada usaha kecil dan menengah. Lahirnya“ UU Cipta Lapangan Kerja ”merupakan salah satu cara untuk mendorong perkembangan UMKM, salah satunya melalui satu Sistem pelayanan terpadu menyederhanakan prosedur dan jenis izin usaha (Pasal 12, ayat 1, huruf a), dan membebaskan biaya izin usaha. Usaha mikro, dan memberikan biaya izin usaha untuk usaha kecil (Pasal 12 ayat 1 huruf b), “Bamsoet menjelaskan.

Wakil Ketua SOKSI menambahkan, Undang-Undang tentang penciptaan lapangan kerja juga mewajibkan BUMN bertindak sebagai perusahaan besar dalam dan luar negeri yang memberikan dana kepada usaha mikro dan kecil dalam bentuk pinjaman, jaminan, hibah, dan dana lainnya (Pasal 21 ayat 2 dan Paragraf 3). Untuk bisa memperkuat UMKM dan BUMN, perusahaan besar nasional dan asing- “Bahkan UU Cipta Karya memberikan banyak alat pembiayaan dan insentif perpajakan kepada UMKM. Seperti yang dijelaskan dalam Pasal 92 ayat 1 sd 3. Pada intinya, , Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengajukan izin usaha akan mendapatkan insentif gratis atau bebas biaya untuk mendapatkan keuntungan dari insentif pajak. Bahkan untuk UMKM berorientasi ekspor, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan dari insentif bea cukai, ” Bamsoet menyimpulkan. Apakah perbincangan antara Bamsoet dan Sandiaga Uno antusias? Akankah dia masuk ke tahap kepresidenan lagi pada 2024? Anda dapat menontonnya secara penuh di podcast Ngompol’s Ngobras di akun Youtube Saluran Bamsoet.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *