Syarifuddin Hasan, Wakil Ketua TRIBUNNEWS.COM-MPR, mengungkapkan MPR akan menggelar rapat tahunan MPR pada 14 Agustus 2020. Padahal, rapat tahunan MPR dilakukan dengan menggunakan prosedur kebersihan yang ketat. Meski secara virtual, rapat tahunan MPR akan dihadiri langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden.

“Rapat kesepakatan antara Presiden MPR dan Presiden adalah rapat tahunan MPR. MPR akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2020. Rapat tahunan MPR akan dilaksanakan secara virtual dan dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 Kesepakatan Sanitasi. Presiden dan wakil presiden menghadiri rapat tahunan MPR secara langsung, ”kata Syarief usai Hasan mengunjungi kediaman Walikota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu malam (8/7/2020).

Menurut Syarief Hasan, pada hakikatnya MPR Agustus 2020 sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Maksud dan tujuan diselenggarakannya rapat tahunan MPR sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, ada masalah dengan rapat tahunan MPR yang diadakan saat pandemi Covid-19.

“Namun, sebenarnya persoalan ini hanya persoalan teknis dalam pelaksanaannya.” Rapat tahunan MPR berjalan normal. Namun, untuk menggelar rapat tahunan MPR kali ini, ia harus mengikuti prosedur kesehatan yang ketat.

“Intinya meski kita sekarang ini di era Covid, tapi saat pandemi ke-19 itu diadakan rapat tahunan MPR, agenda rapatnya tetap menyampaikan laporan kinerja lembaga nasional kepada masyarakat.”, Ujarnya. -Syarief Hasan menjelaskan, hanya sedikit fraksi yang mengirimkan wakilnya untuk menghadiri rapat tahunan MPR. Anggota MPR lainnya (anggota DPR dan anggota DPD) sebenarnya akan mengikuti rapat tahunan MPR.

“Oleh karena itu, hanya sedikit perwakilan fraksi dan DPD yang menghadiri rapat tahunan MPR secara langsung,” ucapnya. -Sejak tahun 2015, rapat tahunan MPR menjadi konvensi ketatanegaraan Indonesia. Rapat tahunan ini adalah rapat umum MPR. Semua anggota MPR harus hadir, dan baik presiden maupun wakil presiden harus hadir. Agenda rapat tahunan MPR adalah menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga nasional yang disahkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu MPR, DPR, DPD, Pemilihan Ketua Badan, BPK, MA, MK dan Panitia Yudisial. Pada rapat tahunan MPR terakhir, Presiden menyampaikan laporan kinerja lembaga negara selaku ketua negara-Syarief Hasan menambahkan bahwa rapat tahunan MPR merupakan tradisi ketatanegaraan yang baik. Hal ini baik bagi institusi nasional karena memiliki kemampuan untuk menyampaikan kinerja kepada masyarakat, dan juga kondusif bagi mereka yang secara langsung menerima laporan kinerja institusi nasional terkait dan mengetahui tingkat kinerja institusi nasional. Ia menyimpulkan bahwa MPR tahunan efektif untuk institusi dan masyarakat nasional. .

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *