TRIBUNNEWS.COM-Winarno Tohir, Ketua Umum Perhimpunan Petani dan Nelayan Perantara (KTNA), menegaskan sektor pertanian merupakan penyelamat perekonomian nasional, apalagi pada saat krisis pandemi Covid 19 berperan penting. Hingga triwulan II tahun 2020 akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam pandemi ini, beberapa petani telah melakukan terobosan. Bahkan petani bisa memanen lebih dari dua kali. Ini kunci aktifnya pembangunan sektor pertanian saat pandemi.” Kata Wennano, Rabu (26/8). /2020).

Baca: Menteri Pertanian Sombo dorong panen padi di Lombok Tengah dorong NTB implementasikan rencana pertanian

Perlu diketahui bahwa menurut data BPS, PDRB triwulan II 2020 akan mencapai 16,24% (per triwulan) Perhitungan). Padahal, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sektor pertanian masih memberikan kontribusi positif dengan laju pertumbuhan 2,19%.

Winarno mengatakan, pertanian harus terus tumbuh untuk memenuhi kebutuhan nasional, misalnya Upaya dapat memberikan petani fasilitas produksi, seperti akses air, akses benih berkualitas tinggi dan peluang untuk menstabilkan pasar .- “Saya berharap pada tahun 2020 subsidi pupuk bisa mencapai 1,4 juta ton. Karenanya, petani bisa menggunakan pupuk bersubsidi mulai Oktober hingga Maret, dan produktivitasnya masih tinggi. Karena menurutnya hal ini dapat berdampak pada penurunan produksi nasional.

“Jika menggunakan pupuk tidak bersubsidi, produktivitas akan terpengaruh karena ada korelasi antara penurunan distribusi pupuk dengan penurunan hasil. Ia mengatakan hal ini harus dihindari. Baca: Kemendagri Apresiasi Kementerian Pertanian Data penerima benih bersubsidi dan pupuk yang diberikan mengalami perbaikan-dalam hal ini, Andi Akmal Pasluddin, Panitia Keempat DPR RI, mendukung peningkatan anggaran untuk pupuk bersubsidi. Dikatakan bahwa menambah harus menjadi perhatian utama bagi kesejahteraan petani. Selain itu, fakta telah membuktikan bahwa sektor pertanian berkontribusi terhadap PDB.

“Hingga saat ini, kami akan terus mewajibkan petani untuk meningkatkan subsidi pupuk. Tahun ini, nilai subsidi pupuk turun sekitar 1%. Ia mengatakan: “Karena itu, banyak daerah yang saat ini menghadapi kekurangan pupuk bersubsidi. Saya berharap dalam waktu dekat diputuskan untuk meningkatkan subsidi pupuk kepada petani.”

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *