Bandung Paraná Negeri TRIBUNNEWS.COM-Menteri Sumber Daya Manusia Ida Fauziyah secara resmi meluncurkan pelatihan kewirausahaan (entry-incubating business) di Balai Pengembangan dan Perluasan Peluang Pasar Kerja Lembong Bandung Barat (BBPPK dan PKK) (19/7/2020) ) .

Pembekalan wirausaha dalam inkubasi bisnis ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 19 Juli hingga 24 Juli 2020, dan dihadiri oleh 200 peserta, termasuk dari Provinsi Banten. 19 orang, DKI Jakarta 31 orang di Jawa Barat, 39 orang di DI Yogyakarta, 10 orang di Daerah Istimewa Yogyakarta, 51 orang di Provinsi Jawa Tengah, dan 50 orang di Provinsi Jawa Timur.

Ratusan peserta terbagi dalam 6 jenis (enam jenis) usaha yaitu pertanian, perikanan, peternakan, pengolahan (memasak), jasa dan industri kreatif.

Menaker Ida menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan bisnis inkubasi ini bertujuan untuk memberikan pengaturan dan pendampingan kepada peserta agar menjadi perusahaan yang bertanggung jawab. pengusaha. h, inovasi, kreativitas, dan persaingan yang tinggi.

“Inkubasi bisnis semacam ini merupakan langkah pemberdayaan wirausaha dan calon wirausaha melalui pemanfaatan sumber daya lokal yang kreatif dan inovatif untuk memberikan pembinaan kegiatan penunjang usaha dalam kurun waktu tertentu,” Menteri Sumber Daya Manusia. Ida .

Menaker Ida menyampaikan bahwa kewirausahaan menjadi salah satu perhatian Kementerian Ketenagakerjaan, karena UMKM merupakan penyedia tenaga kerja terbesar, lebih dari 70%. Seratus.

“UKM ini memiliki arti strategis yang sangat penting untuk mengatasi pengangguran di Indonesia. UKM telah memberikan kontribusi yang besar dalam menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Sambil melihat kontribusi penting dari usaha kecil dan menengah terhadap ketenagakerjaan, ia terus mengembangkan berbagai program pelatihan dan menjalin sinergi dengan banyak pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja dan mengembangkan pasar tenaga kerja. – “Kami berharap peserta yang mendapat manfaat dari rencana pelaporan ini dapat menjadi wirausaha yang mampu bersaing di dalam negeri dan internasional serta dapat menyerap tenaga kerja, sehingga membantu pemerintah memperluas lapangan kerja,” kata Menaker Ida. -Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2020, tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 4,99% atau 6.882.200.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *