JAKARTA, TRIBUNNEWS.COM-Menteri Desa, Daerah Miskin, dan Imigrasi Abdul Halim Iskandar (Abdul Halim Iskandar) di kantornya di Jakarta, Senin (13/4) melalui telekonferensi pasardesa. Platform id diresmikan. Inovasi di Desa Panggungharjo Kabupaten Bantul ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan ketahanan pangan Desa Panggungharjo. .id juga mengatasi permasalahan yang muncul pasca Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi ide pasardesa.id. Kepala Desa Pangonhaho sudah seperti kepala negara berfikir,” ujarnya. Oleh karena itu, menurut dia, selain harapan serius untuk menekan jumlah penularan Covid-19, pemerintah saat ini sedang mengambil tindakan cepat untuk mengatasi potensi dampak yang mungkin terjadi di masa mendatang. Panggungharjo pertama kali mencerminkan keamanan penduduk desa. “Dari berbagai hal terkait wabah Covid-19, dia tidak terpengaruh oleh ketahanan pangan setelahnya. Nah, kalau berjalan lancar, masyarakat akan selamat. Coba pikirkan apa yang dia katakan:” Bagaimana membantu desa lain. ” -Dia berharap inovasi yang ada di Desa Panggungharjo ini bisa merambah ke desa lain dengan karakteristik yang sama. Jika sebanyak 74.953 desa di Indonesia berkembang secepat desa Panggungharjo, ia yakin dampak Covid-19 di Indonesia tidak akan separah di negara lain.

“Inilah mengapa Kementerian Pedesaan, Biro Pembangunan dan Imigrasi Daerah Rentan mempertimbangkan bagaimana melindungi desa sejak awal. Desa ini memiliki pertahanan diri untuk mencegah dan menangani situasi yang tidak dapat dihindari serta memprediksi dampak yang akan terjadi. mekanisme. Mekanisme tersebut, lanjutnya, terkait dengan fokus pada kerja desa (PKTD), pencegahan dan pengobatan perjanjian Covid-19 di pedesaan, pelatihan relawan pedesaan, dan penyiapan ruang isolasi pedesaan.

“Bayangkan saja, Kalau tidak dilakukan di desa, ”ujarnya.“ Dalam hal ini Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi mengatakan pasardesa.id didirikan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tinggal di rumah saja sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari warga desa saya. Selain itu, keberadaan pasardesa.id harus dapat menjaga perputaran ekonomi desa, dan akibat Covid-19 daya beli masyarakat semakin menurun. Itu tidak akan keluar. Ia mengatakan, kami sebisa mungkin mengubah kapasitas ekonomi masyarakat pedesaan di desa tersebut sehingga banyak masyarakat pedesaan yang mendapatkan value for money, yang daya belinya menurun akibat Covid-19. Ia menjelaskan .

Ia mengatakan bahwa pasardesa.id dibangun berdasarkan empat nilai mitigasi. , Persatuan, kolaborasi, dan ekonomi berbagi. Nilai mitigasi berarti pasardesa.id menjadi platform yang tidak hanya menstabilkan pasar, tetapi juga mencegah penyebaran Covid-19.

“.id memberikan cash back 20% dari pengeluaran di atas. 250.000 rupiah diberikan dalam bentuk sembako kepada warga yang membutuhkan. Upaya berbagi platform. Warga desa dengan daya beli yang cukup memiliki media untuk menyediakan, katanya, mereka Manfaat ekonomi bagi masyarakat desa lainnya yang terancam secara ekonomi.Selain itu, dalam hal kerjasama, menurutnya pasardesa.id memungkinkan warung dan toko di desa setempat untuk mensuplai berbagai produk sekaligus berbagi nilai ekonomi pasardesa. id mencegah penduduk desa untuk berbelanja di luar desa, sehingga tidak akan menyebabkan perputaran ekonomi di desa Pasardesa.id tidak akan mengalami situasi ini, kita dapat mengubah perekonomian sebanyak mungkin. Dia menjelaskan bahwa masyarakat pedesaan ini memasuki desa dengan tingkat yang sangat tinggi. Tinggi, banyak penduduk desa yang memperoleh nilai uang, dan daya beli mereka menurun karena Covid-19. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *