Bones, TRIBUNNEWS.COM-Enam kelompok tani (Poktan) di Desa Bangtojai, Kabupaten Bangtokani, Kabupaten Bontou, Provinsi Sulawesi Selatan, merasakan manfaat dari asuransi pertanian atau asuransi komersial petani padi (AUTP). Pasalnya, panen 33,75 hektare sawah gagal panen. -Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa pertanian merupakan kegiatan yang bertumpu pada fenomena alam sehingga membutuhkan tindakan yang hati-hati untuk menghadapinya.

“Pada musim kemarau, petani harus bisa meramalkan bahwa kekeringan tidak akan terjadi. Begitu pula pada musim hujan, banjir bisa mengancam masyarakat. Jika infrastruktur dan sarana sudah siap dan memadai, fenomena alam ini bisa dihadapi. , ”kata Menteri Pertanian SYL (4/4), Sabtu.

Ia mengatakan bahwa kita harus mempertimbangkan penggunaan benih yang tepat (lokasi tertentu), pemupukan secara seimbang dan tepat waktu, penggunaan pestisida dan pengelolaan irigasi secara bijaksana. Kegiatan pertanian yang telah dilakukan dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat menghasilkan output yang dibutuhkan. Agar tidak merusak semangat petani, pemerintah (dalam hal ini Kementerian Pertanian) menyusun rencana perlindungan petani yaitu asuransi pertanian. Padahal, untuk memudahkan petani, pemerintah memberikan hampir 80% subsidi premium.

“Asuransi pertanian adalah bentuk pemerintah yang dirancang untuk melindungi peternak dari bencana alam, wabah penyakit hewan menular, perubahan iklim, dan risiko lain yang teridentifikasi. Oleh karena itu, jenis asuransi pertanian ini pada dasarnya dapat gagal. Bantu petani tepat waktu. “- Sarwo Edhy, Direktur Administrasi Umum Prasarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), menambahkan bahwa dengan asuransi pertanian, petani yang tidak panen dapat memulai kembali usaha. Kompensasi. Memang, petani yang ikut asuransi pertanian akan mendapat subsidi 6 juta rupee per hektar.

Asuransi pertanian atau biasa dikenal dengan AUTP. Selama ini pembangunan Kementerian Pertanian belum banyak menemui kendala. Pembayaran klaim yang diajukan PT Jasindo berjalan lancar.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *