TRIBUNNEWS.COM-Kepala Departemen Ekonomi, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB), Kawasan Gurun Sahara percaya bahwa sektor pertanian saat ini merupakan tulang punggung perekonomian nasional, terutama dalam hal memerangi Covid-19. Menurutnya, ini bisa dilihat dari peningkatan ekspor produk pertanian yang masih tumbuh signifikan. Ketika sektor-sektor lain melambat, sektor pertanian terus menunjukkan kinerja positif. Kita dapat mengatakan bahwa sektor pertanian adalah penyelamat ekonomi Indonesia, terutama karena kita sekarang menghadapi pandemi, “kata Gurun Sahara dalam siaran pers yang diterima oleh Tribunnews, Selasa (19/5/2020).

Read : Mendukung dispenser uang tunai pertanian Sikomandan, pupuk Indonesia siap memasok 750.000 kg beras

Di selatan Gurun Sahara, setelah Covid-19, fokus pengembangan pertanian dan industri hilir harus menjadi perhatian utama semua pembuat kebijakan. Di wilayah selatan, langkah ini harus diambil, karena nilai total ekspor produk pertanian selalu dalam keadaan positif. “Misalnya, industri hilir di sektor pertanian terutama harus fokus pada peningkatan nilai tambah pertanian. departemen. Dia mengatakan bahwa pemerintah perlu lebih memperhatikan karena ekonomi kita diselamatkan.

Seperti kita ketahui, nilai total produk pertanian yang diekspor oleh Badan Pusat Statistik (BPS) meningkat 12% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, atau 66%. Nilai ekspor adalah US $ 280 juta, dan pertumbuhan sektor pertanian berarti total ekspor Indonesia mencapai US $ 53,95 miliar, meningkat 0,44%. YoY

Baca: Dalam hal ekspor melambat, ekspor pertanian dari Januari hingga April 2020

Januari hingga April, ekspor pertanian juga meningkat sebesar 15,15%, dicapai lebih baik dari tahun sebelumnya Prestasi-Tidak hanya itu, produk penanaman adalah andalan ekspor sektor pertanian, karena produk buah dan sayuran lokal dapat bersaing di pasar internasional. — “Industri perkebunan kami sudah cukup” dan karenanya diekspor. Karena itu, tujuan utama pemerintah adalah memenuhi kebutuhan pasar utama. Produk, “pungkasnya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *