TRIBUNNEWS.COM Jakarta – Departemen Koperasi dan UKM telah melakukan kerja sama seluas mungkin dengan semua pihak sejak awal dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas, tujuannya hanya untuk mempromosikan koperasi negara dan UMKM. : Peningkatan pinjaman untuk UKM di sektor kesehatan – populasi UMKM Indonesia adalah sekitar 64 juta, sehingga pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, mengatakan pada hari Selasa: “Partai kami telah dibuka dan akan terus bekerja sama dengan platform e-commerce, gerai tradisional, koperasi, lembaga pendidikan dan pelatihan.” (26/5/2020) .

” Serta pihak terkait lainnya secara online dan offline untuk mempromosikan pengembangan UKM di negara ini. Terutama bekerja sama dengan platform perdagangan elektronik, menggunakan sistem non-APBN, mengatakan. Selama pandemi Covid-19. Menurut penjelasan, banyak laporan menunjukkan Di antara UMKM yang selamat dari pandemi, dan bahkan mereka yang terhubung ke platform online. Dia berkata: “Platform online ini juga dapat membantu masyarakat luas mencapai jarak praktis sambil memenuhi kebutuhan pribadi mereka. – Menjaga aktivitas ekonomi. -Sejauh ini, 5 platform e-commerce telah bekerja sama dengan KemenKopUKM untuk mendukung UMKM di Indonesia melalui gerakan #BanggaBuatanIndonesia.

Tidak hanya dengan Blibli, tetapi juga dengan Tokopedia, Shopee, Lazada dan Bukalapak, yang terakhir membantu membangun Dan meningkatkan kekuatan stan dengan bantuan teknologi digital.

Baca: Menyerap perusahaan kecil dan menengah, memberikan Eid Clad dengan tas anyaman berwarna-warni menjadi tren baru

Upaya ini juga sejalan dengan Gerakan #BanggaBuatanIndonesia Online Indonesia baru-baru ini diluncurkan oleh Presiden Republik Joko Widodo. Semakin banyak produk UMKM memasuki platform e-commerce, yang merupakan bentuk dorongan bagi UMKM untuk memasuki ekonomi digital.

Baca: Peluncuran hub KUMKM, departemen kerja sama dan usaha kecil dan menengah bekerja sama dengan Bibli- — The McKinsey Report (2018) menunjukkan setidaknya empat jenis manfaat yang dibawa oleh ekonomi digital, yaitu: 1) Pendapatan keuangan meningkatkan penjualan, 2) Penciptaan lapangan kerja, terutama untuk usaha kecil dan menengah; 3) Keuntungan bagi pembeli , Dapat menghemat 11-25% dari harga eceran; 4) Kesetaraan sosial: kemungkinan perempuan terlibat dalam kegiatan dan mendapatkan penghasilan melalui kegiatan di platform e-commerce. Teten mengatakan: “Akhirnya, saya dan Kementerian Koperasi dan UKM selalu Bersedia menerima kritik, komentar atau kontribusi konstruktif dari siapa pun termasuk Farid Overtime Brothers. “Kami telah membuka ide dan kerjasama untuk bersama-sama membantu UMKM kami bertahan di tengah Covid-19 dan kemudian berkembang lebih jauh.”

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *