TRIBUNNEWS.COM-Penjaga Pantai dan Patroli Angkatan Laut (PLP) Tanjung Uban Kelas II menurunkan kapal nasional Sarotama-P.112 untuk patroli rutin sebagai pengawas dan satpam di sekitar Menara Suar di Pulau Iyuksir Bagian. Menurut Tanjung Grey (Kapten), Kepala PLP. Handy Sulfian, patroli ini merupakan bagian dari pengawasan perairan TSS Selat Malaka dan Singapura.

“Di Menara Suar di bawah Kantor Wilayah Navigasi Tingkat Pertama Dumai, pertukaran informasi diperiksa. Kapten menjelaskan:“ Itu terjadi di perairan sekitar Selat Malaka, terutama di perairan dekat Pulau Iyu Kisir. ——Dia mengatakan, ada radar Rafi Vessel Traffic Service (VTS) yang meliputi Pulau Batam, Selat Singapura, Selat Tanjong Bale Karimun, dan Selat Malaka.

“Ada juga suar, Mercusuar Sabic, dengan jangkauan 12 mil,” katanya. Kapten kapal patroli KN Sarotama-P.112 Nicco Morris Selayar menambahkan, tower radar beacon sudah terkoneksi dengan VTS Batam. Di wilayah perairan Indonesia wilayah kerjanya. Kapten berkata: “Baginya, keselamatan pelayaran tidak bisa dinegosiasikan. Patroli ini masih berlangsung untuk mencegah terjadinya apapun. Ini tidak diinginkan.” Manual-kita tahu itu di Dalam pengelolaan TSS Selat Malaka dan Singapura ini dilakukan oleh tiga negara pantai (yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura). Melalui sarana dan prasarana VTS di wilayah perairan tersebut, aliran air di kedua sisi selat dapat terjaga dengan lancar dan aman. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *